Kamis, 21 Juni 2018


“PERENCANAAN PENDIRIAN USAHA KULINER NASI BAKAR M2S”



TENTANG:
“Nasi Bakar M2S”

DISUSUN OLEH :
SILLVIA BERLIAN (1519200141)

Dosen Pembimbing :
Charisma Ayu Pramuditha

PROGRAM STUDI : MANAJEMEN
STIE MDP BUSINESS SCHOOL Tahun 2017/2018
Jalan Rajawali 14, Palembang - Sumatera Selatan, 30113
TEL: 0711-376-400 / FAX: 0711-376-365 kuliah[at]mdp.ac.id

BAB I
1.     Pendahuluan

1    1  Latar Belakang

      Kuliner merupakan usaha bisnis yang sedang diminati oleh kalangan masyarakat. Dengan berkembangnya jaman maka sangat cepat para pebisnis menyiapkan banyak cara untuk menginovasikan bisnis kuliner mereka. Bisnis Nasi bakar yang tentunya sangat mudah dijalani dan juga sangat banyak peminatnya. Hal ini terbukti karena nasi adalah makanan pokok dan juga nasi bakar harganya terjangkau. Dari segi gizi makanan ini tidak kalah saing dengan makanan luar negri karena mengandung banyak karbohidrat yang tinggi.

      Bisnis makanan pokok ini di beberapa kota tidak akan pernah mati begitupun dengan kota Palembang. Hingga saat ini nasi bakar yang disediakan di restoran tetap menjadi pilihan beberapa konsumen, karena nasi bakar memiliki rasa yang berbeda dari nasi putih biasa. Telah banyak para pebisnis nasi bakar di Palembang, bisa di lihat dari penjualan online Instagram yang begitu gencar dan telah terkenal. Seperti Nasi bakar Omah, Nasi bakar nongkrong ai yang memiliki banyak pengikut di Instagram. Nasi bakar Omah melakukan penjualan nasi bakar melalui online yang sudah banyak peminatnya bisa dilihat dari 2.774 pengikut di instagram milik nasi bakar Omah. Namun Nasi bakar M2S tidak akan kalah saing karena perbedaan dari nasi bakar Omah dan Nasi bakar M2S adalah varian rasa yang diberikan. Pertama Nasi bakar Omah varian rasanya hanya ditetapkan oleh pemilik. Dan kedua varian rasanya tidak begitu banyak.

      Disini saya sebagai penulis termotivasi untuk membuat dan menjual Nasi bakar khas Indonesia  dan tradisional yaitu Nasi bakar M2S. Bermula dari kebiasaan untuk mengolah nasi putih biasa menjadi nasi bakar yang cepat saji namun mengenyangkan. Nasi bakar M2S merupakan Nasi bakar yang memiliki banyak pilihan rasa dimulai dari perpaduan antara nasi dan petai, nasi dan ayam, terakhir nasi dan ampela, serta dapat sesuai dengan pilihan para konsumen. Pilihan konsumen bisa menjadi salah satu pacuan untuk inovasi lain pada nasi bakar M2S.

      Alasan memilih usaha Nasi Bakar M2S ini karena proses pembuatan yang tidak perlu waktu yang lama dan sangat mudah. Alasan lain untuk membuat usaha tersebut karena, ingin mengenalkan kepada para konsumen Nasi bakar M2S yang memiliki bumbu rahasia kepada nasi bakar polosnya. Hal yang membedakan nasi bakar M2S dari nasi bakar lainnya adalah dengan adanya bumbu rahasia yang disajikan bersama nasi bakar polos. Karena biasanya nasi bakar polos hanya berisikan nasi namun Nasi bakar M2S memberikan ciri khas yang lain yaitu adanya sayuran di dalam nasi bakar polos tersebut untuk membantu rasa yang diciptakan dari nasi bakar.


      Nasi Bakar M2S dapat disajikan untuk berbagai acara seperti acara pernikahan, arisan, syukuran dan sebagainya. Nasi bakar M2S dapat di konsumsi dari berbagai kalangan, mulai dari anak – anak hingga orang tua karena bahan dasar dari nasi yang tentunya memiliki kandungan karbohidrat dan gizi yang baik untuk tubuh. Nasi bakar M2S juga memiliki banyak varian rasa yang bisa dipesan oleh konsumen misalnya konsumen ingin menambahkan/ menginovasikan nasi bakar yang di pesan  seperti memberikan  petai terhadap Nasi bakar ayam atau ampela bisa di lakukan .

      Peminat dari Nasi Bakar M2S lebih banyak kepada semua umurkarena bisa dilihat dari survey. Nasi Bakar M2S melakukan survey dengan pertanyaan langsung kelapangan. Mengapa ibu-ibu arisan lebih menyukai nasi bakar, karena nasi bakar lebih simple disajikan pada saat arisan atau acara lainnya. Dan sudah pasti Nasi bakar yang memiliki banyak varian rasa adalah salah satu alasanya.

1.1  VISI DAN MISI

VISI  :
·         Menjadikan Nasi Bakar M2S sebagai salah satu usaha bisnis yang menjanjikan .
·         Menjaga kebersihan dalam pembuatan / produksinya.
·         Memberikan pelayanan terbaik dan memuaskan bagi konsumen.
·         Menggunakan bahan – bahan yang berkualitas.


MISI  :
·         Menginovasikan Nasi bakar yang biasa dengan lebih banyak pilihan.
·         Melakukan promosi di media sosial yang banyak digunakan oleh masyarakat seperti Instagram.
·         Menjada kebersihan dari proses produksi hingga penjualan.
·         Memberikan pelayanan yang memuaskan kepada konsumen dengan membalas setiap pesan dari konsumen.

2.   Gambaran Usaha
     
      Nasi Bakar M2S merupakan usaha yang membuat dan menjual makanan khas Indonesia yaitu Nasi Bakar khas tradisional. Usaha nasi bakar M2M akan dilakukan melalui online melalui Instagram, Line , dan aplikasi Go-Food. Proses usaha dan produksi Nasi Bakar M2S akan dilakukan dirumah sendiri yang berlokasi di Jalan Celentang Perumahan Green Garden. Pembayaran juga dapat dilakukan setelah melakukan order dengan melalui transfer atau jika menggunakan Go-Food dapat membayar pada saat makaan di ambil oleh Go-Food. Pemasaran yang akan dilakukan untuk mempromosikan Nasi Bakar M2S dengan atau melalui media online ( Instagram dan Line) , radio, Flyer, dan  dari mulut ke mulut.

      Konsep dari Nasi bakar M2S tetap menggunakan cirri khas tradisional yaitu dengan menggunakan daun pisang dan tentunya terjamin kebersihannya karena sebelum melakukan pembuatan nasi bakar. Daun pisang dicuci beberapa kali agar tidak ada kotoran yang tertinggal. Setelah itu dibungkus menggunakan wadah plastik agar nasi bakar tetap higeinis sampai di tujuan. Varian rasa yang diberikan dari Nasi bakar M2S adalah Nasi bakar polos dengan sayur didalamnya, Nasi bakar ayam (utuh dan tidak disuir), Nasi Bakar petai, Nasi bakar hati ampela , dan Konsumen dapat memilih nasi bakar ingin dicampur dengan lauk lain misalnya Nasi bakar petai di campur dengan ayam.

      Mengapa Nasi bakar M2S bisa dibilang berbeda dari pada nasi bakar yang biasa ditemukan, karena nasi bakar M2S memiliki ciri khas dimana nasi bakar yang dibuat menggunakan bahan – bahan pilihan. Dan tentunya memiliki cirri khas tersendiri yaitu keunggulannya adalah nasi bakar polos yang berisikan sayur dan teri maka memiliki rasa berbeda dari nasi bakar polos biasa

3. Aspek Pemasaran
3.1 Segmentasi Pasar, Target Pasar dan Positioning
3.1.1 Segmentasi Pasar
Didalam mencari potensi pasar sebagai pasar konsumen yang nantinya akan menjadi pembeli produk Nasi Bakar M2S, maka perlu memperhatikan pembagian segmentasi pasar untuk mengelompokkan pasar pada berbagai variabel pasar. Disini saya membagi segmentasi pasar berdasarkan kelompok usia dan gender. Berikut data yang tertera sebagai acuan untuk menghitung potensi pasarnya :

Kelompok Umur
(tahun)
2014
2015
Jumlah Penduduk Menurut Kelompok Umur (Jiwa)
Jumlah Penduduk Menurut Kelompok Umur (Jiwa)
Laki-laki
Perempuan
Jumlah
Laki-laki
Perempuan
Jumlah
 0-4
75.450
71.206
146.656
76.533
72.188
148.721
 05-09
71.774
67.059
138.833
72.807
67.980
140.787
 10-14
68.306
64.343
132.649
69.289
65.232
134.521
15-19
74.032
76.013
150.045
75.096
77.068
152.164
20-24
79.128
78.774
157.902
80.261
79.859
160.120
25-29
73.256
70.974
144.230
74.309
71.958
146.267
30-34
65.301
63.895
129.196
66.247
64.773
131.020
35-39
58.013
58.988
117.001
58.849
59.805
118.654
40-44
52.582
53.966
106.548
53.335
54.719
108.054
45-49
45.
169
47.469
92.638
45.820
48.130
93.950
50-54
40.059
41.118
81.177
40.637
41.688
82.325
55-59
32.354
30.850
63.204
32.821
31.279
64.100
60-64
19.038
      18.814
37.852
19.317
19.076
38.393
65-69
12.086
13.735
25.821
12.264
13.922
26.186
70-74
7.789
9.858
17.647
7.902
9.998
17.900
75+
6.362
10.733
17.095
6.456
10.899
17.355
Jumlah
780.699
777.795
 1.558.494
791.943
788.574
1.580.517
Tabel Jumlah Penduduk Berdasarkan Kelompok Umur dan Jenis Kelamin di Kota Palembang Pada Pertengahan Tahun 2014-2015. Sumber : Badan Pusat Statistik, 2015
Nasi Bakar M2S memperkirakan calon pengunjung yang diambil dari wilayah Kalidoni, yang tidak begitu jauh dari beberapa mall seperti PTC dan Giant, dan juga wilayah yang kami tempati dekat dengan sebagian wilayah sako dengan jumlah penduduk yang sangat banyak diantara wilayah lainnya dikota Palembang. Bukan hanya karena banyaknya jumlah penduduk saja, tetapi saya juga melihat secara ekonomi penduduk di wilayah tersebut cukup kuat sebagai masyarakat konsumsi. Berikut pengambilan data jumlah penduduk berdasarkan jenis kelamin pada ditiap-tiap wilayah kota Palembang.

Kecamatan
2015
Jumlah Penduduk Menurut Jenis Kelamin (Jiwa)
Laki-laki
Perempuan
Jumlah
Ilir Barat II
33.252
32.739
65.991
Gandus
31.626
30.520
62.146
Seberang Ulu I
88.800
87.949
176.749
Kertapati
42.801
41.897
84.698
Seberang Ulu II
49.784
49.438
99.222
Plaju
41.311
40.580
81.891
Ilir Barat I
68.126
67.259
135.385
Bukit Kecil
22.108
21.859
43.967
Ilir Timur I
34.721
36.697
71.418
Kemuning
41.987
43.015
85.002
Ilir Timur II
82.540
82.698
165.238
Kalidoni
55.606
55.376
110.982
Sako
45.658
45.429
91.087
Sematang Borang
18.904
18.530
37.434
Sukarami
82.208
81.931
164.139
Alang-alang Lebar
52.511
52.657
105.168
Kota Palembang
791.943
788.574
1.580.517
Tabel Jumlah Penduduk Menurut Jenis Kelamin dan Kecamatan di Kota Palembang 2015. Sumber : Badan Pusat Statistik, 2015
1. Geografis
Nasi Bakar M2S mengelompokkan segmentasi pasar berdasarkan segmentasi geografi yaitu khususnya masyarakat yang tinggal di Celentang, Kalidoni dan umumnya untuk seluruh masyarakat Kota Palembang.

2. Demografis
Segmentasi demografi yang dituju oleh Nasi Bakar M2S yaitu berjenis kelamin pria dan wanita, anak – anak sampai orang tua usia 5 – 80 tahun yang telah dapat mengkonsumsi makanan pokok nasi.

3. Psikografi
Segmentasi psikografi dari Nasi Bakar M2S yaitu masyarakat yang menyukai makanan pokok yang cepat seperti (Fastfood) tetapi tetap bergizi , sehat dan tentunya mengenyakan.

Targeting
Targeting merupakan sebuah sasaran, siapa yang dituju. Dalam menentukan targeting maka dilakukan beberapa survey untuk dapat mengetahui keadaan pasar nantinya, agar ketika proses pemasaran tidak salah sasaran. Target pasar Nasi adalah untuk semua kalangan umur mulai dari anak- anak, remaja sampai orang yang lanjut usia. Produk ini difokuskan kepada seluruh masyarakat. Target utama dari produk ini yaitu ibu – ibu arisan dan tentunya dalam acara – acara ulang tahun dll.
Positioning
Positioning adalah image atau citra yang terbentuk di benak seorang konsumen dari sebuah nama perusahaan atau produk. Posititioning adalah bagaimana sebuah produk dimata konsumen yang membedakannya dengan produk pesaing. Positioning dari Nasi Bakar M2S  adalah Nasi bakar  tradisional  asli dari Indonesia yang memiliki cirri khas sendiri dan tentunya rasa yang ditawarkan berbeda dari nasi bakar yang lainnya.

4. Perkiraan Permintaan dan Penawaran
4.1 Permintaan
Untuk mengetahui minat konsumen terhadap Nasi Bakar M2s, maka penulis mencari responden sejumlah 32 responden kepada orang-orang disekitar kampus MDP. didapat hasil orang yang menyukai Nasi Bakar M2S sebanyak 27 orang. Jadi dari data tersebut diasumsikan masyarakat yang menyukai Nasi Bakar M2S adalah sebesar 90% dari responden. Dan calon pengunjung di sekitar Kalidoni yang ada sebanyak 110 982 orang. Maka berdasarkan data yang didapat bahwa setiap orang mengkonsumsi 1 porsi per hari, sehingga jumlah permintaan per hari yaitu 350 porsi dan jumlah permintaan pertahunnya 127.750 porsi. Dibawah ini merupakan data permintaan pertahun dengan asumsi kenaikan sebesar 1.01% yang berbanding dengan pertumbuhan penduduk berdasarkan usia 5 – 65 tahun di Kota Palembang menurut BPS Kota Palembang (BPS, 2015)

Tabel 1 Permintaan Potensial Di Kec. Kalidoni Selama 3 Tahun Mendatang
TAHUN
PROYEKSI PERMINTAAN/TAHUN
2019
110982x90%= 99,883
2020
99883+5,4%=105.276
2021
105.276+5,4%=110.960

3.2.2 Penawaran
Tabel 2 Jumlah Penawaran Produk Sejenis Pesaing

Pesaing
Penawaran/hari (dalam buah)
Penawaran/bulan (dalam buah)
Penawaran/tahun (dalam buah)
Nasi Bakar Omah
85
2550
30600
Nasi Bakar Peda Q
75
900
27000
Nasi Bakar AA resto
65
780
23400
Total
225
4230
81000
Rata-rata
75
1410
27000

3.2.3 Rencana Penjualan dan Pangsa Pasar
Tabel 3 Rencana Penjualan Nasi Bakar M2S
                                                                                  
Tahun
Permintaan (A)
Penawaran (B)
Rata-rata
Peluang Pasar (C=A-B)
Pangsa Pasar
(C : A x 100 : 5,4 % =E)
Rencana Penjualan F
2019
99.883
81.000
27.000
18.883
2,5%
472
2020
105.276
85.374
28.458
19.902
2,5%
796
2021
110.960
89.984
29.994
20.976
2,5%
839


Data pada table sebelumnya merupakan rencana penjualan dari Nasi Bakar M2S selama 3 tahun mendatang, dimana pesaing mengambil  dari permintaan yang ada. Pangsa pasar yang akan diambil oleh Nasi Bakar M2S adalah sebesar 2,50% pada tahun 2019 dikarenakan usaha Nasi Bakar M2S merupakan usaha yang masih baru dan akan meningkat setiap tahunnya sesuai dengan kenaikan jumlah penduduk berdasarkan kelompok usia yaitu 1,01% pertahun.

E. Penetapan Harga
Harga merupakan beban atau nilai bagi konsumen, yang didapatkan dengan memperoleh dan menggunakan suatu produk, termasuk biaya keuangan dari konsumsi, di samping biaya sosial yang bukan keuangan, seperti dalam bentuk waktu, upaya, psikis, risiko, dan prestise atau gengsi sosial (Prof. Dr. Sofjan Assauri,MBA, 2012).
Berikut ini merupakan perbandingan harga yang ditawarkan Nasi Bakar M2S dengan pesaing :



Tabel 4.6 Perbandingan Harga Nasi Bakar M2S dan Pesaing

Varian Rasa dan Penyajian
Harga
Nasi Bakar M2S
Nasi Bakar Oma
Nasi Bakar Peda Q
Nasi bakar AA
Nasi Bakar Ayam
20.000
22.000
25.000
20.000
Nasi Bakar Seafood
20.000
23.000
25.000
20.000
Nasi Bakar Hati Ampela
18.000
19.000
20.000
20.000
Nasi Bakar Petai
18.000
20.000
21.000
18.000
Nasi Bakar Polos
15.000
18.000
18.000
15.000

Jika dilihat dari tabel diatas harga yang ditawarkan Nasi Bakar M2S Tergolong lebih Murah dibandingkan pesaingnya. Harga memang merupakan hal yang sangat diperhatikan oleh konsumen saat ingin membeli sesuatu. Namun jika dilihat dari bahan dan banyaknya isi dari produk Nasi Bakar M2S maka produk ini tergolong murah jika dibandingkan pesaingnya.

Tabel Sumber Pendanaan Dari Nasi Bakar M2S

Uraian
Modal
Persentase Modal
Modal sendiri
Rp 5.000.000

Total
Rp 5.000.000
100%

Dari tabel diatas dapat dilihat sumber pendanaan untuk memulai usaha bisnis  Nasi bakar M2S yang di peroleh dari modal sendiri sebesar Rp5.000.000. Modal tersebut dapat memenuhi kebutuhan bahan baku pembuatan.




Modal investasi Nasi Bakar M2S merupakan modal jangka panjang yang dikeluarkan, berikut uraian modal investasi yang diperlukan Nasi Bakar M2S yang dapat dilihat pada tabel  dibawah ini :


Tabel Kebutuhan Modal Investasi Usaha Nasi Bakar M2S

Bahan Produksi
Harga/satuan
Jumlah
Total Harga
Beras
Rp   8.000/ kg
24 kg
Rp 192.000
Ikan Teri Medan
Rp 44.000/kg
 2  kg
Rp   88.000
Kecap Manis
Rp   9.000/botol
   6 botol
Rp   54.000
Santan Kelapa
Rp   5.000/butir
  8 butir
Rp   40.000
Margarin
Rp   4.000/bks
8 bks
Rp   32.000
Daun Pisang
Rp 10.000/ikat
      10 ikat
Rp 100.000
Daun Kemangi
Rp   3.000/ikat
10 ikat
Rp   15.000
Bawang Merah
Rp 16.000/kg
3 kg
Rp   48.000
Bawah Putih
Rp 20.000/kg
3 kg
Rp   60.000
Kemiri
Rp   4.000/ons
 8 ons
Rp   32.000
Garam
Rp   2.000/bks
2 bks
Rp     4.000
Arang/Batok kelapa
Rp   5.000/bks
15 bks
Rp   75.000
Kotak Pembungkus
Rp 15.000/pac
15 pac
Rp 225.000
Sendok Plastik
Rp   3.000/pac
15 pac
Rp   45.000

TOTAL BIAYA

Rp 1.010.000

Dari table diatas terlihat modal awal sebesar Rp 1.010.000 yang di butuhkan,
Selain modal investasi, suatu kegiatan usaha jugamembutuhkan modal kerja.Modal Kerja merupakan dana yang ditanamkan dalam aktiva lancar yang dapat berupa kas, piutang, surat-surat berharga, persediaan dan lain-lain.  Kebutuhan modal kerja Nasi Bakar M2S dapat dilihat pada tabel :

Tabel Biaya Perlengkapan kantor dan Modal Produksi

Nomor
Uraian
Kuantitas
Banyak
Jumlah
1

Buku Kas

2 pcs

Rp 13.000


Rp 26.000
2

Buku Nota


3 lusin


Rp 28.000


Rp 84.000
3

Pena

1 kotak

Rp 7.000


Rp 7000
4

Steples

2 pcs

Rp 30.000


Rp 60.000
5

Biaya Brosur


3 rim

Rp 300.000

Rp 900.000
Total Biaya
1.077.000

Tabel diatas menunjukan biaya operasional untuk memulai usaha Nasi Bakar M2S sebesar Rp 1.077.000 yang di mana biaya Perlengkapan Kantor dan modal tersebut Danbrosur yang akan di bagikan ke calon konsumen sebanyak 300 lembar dengan harga Rp 900.000.

Paket Waralaba

1. Nasi Bakar M2S menawarkan peluang usaha nasi bakar dengan modal Rp6 juta. Dengan paket investasi tersebut, mitra akan mendapatkan booth lengkap terdiri dari gerobak kecil; peralatan memasak seperti kompor gas, dandang, alat pembakar, wajan dan tabung gas; peralatan tambahan seperti piring rotan, cupit nasi, seragam, termos nasi; media komunikasi seperti brosur, stiker, dan lain-lain
2. Bagi yang ingin lebih advanced, ada juga paket kemitraan two in one senilai Rp 10 juta. . Dengan paket investasi tersebut, mitra akan mendapatkan booth lengkap terdiri dari gerobak besar; peralatan memasak seperti kompor gas, dandang, alat pembakar, wajan dan tabung gas; peralatan tambahan seperti piring rotan, cupit nasi, seragam, termos nasi; media komunikasi seperti brosur, stiker, dan lain-lain
Contoh Gambar Nasi Bakar




























Tidak ada komentar:

Posting Komentar

“PERENCANAAN PENDIRIAN USAHA KULINER NASI BAKAR M2S” TENTANG: “Nasi Bakar M2S” DISUSUN OLEH : SILLVIA BERLIAN (1519200...