MAKALAH
BISNIS WARALABA
“BLACK
CANYON COFFEE”
DISUSUN
OLEH :
SILLVIA
BERLIAN (1519200141)
EVYSISCA (1519200029)
SISKA
OKTAVIA (1519200092)
Dosen
Pembimbing :
Charisma
Ayu Pramuditha, M.HRM
PROGRAM
STUDI : MANAJEMEN
STIE
MDP BUSINESS SCHOOL Tahun 2017/2018
Jalan
Rajawali 14, Palembang - Sumatera Selatan, 30113
TEL:
0711-376-400 / FAX: 0711-376-365 kuliah[at]mdp.ac.id
KATA
PENGANTAR
Puji syukur kami
panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat dan
hidayah-Nya, sehingga dapat menyelesaikan tugas Bisnis Warlaba judul “ Usaha
Waralaba Black Canyon Coffee”
Tugas
ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Pembiayaan Usaha kecil &
Mikro. Dalam tugas ini tersaji tentang Ruang lingkup Usaha mikro kecil dan menengah
Tugas ini diharapkan dapat menambah wawasan tentang pengertian Usaha mikro
kecil dan menengah.
Kami
tahu bahwa tugas yang kami buat ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu,
setiap kritik dan saran dari pembaca sangat kami harapkan guna perbaikan
makalah ini.
Kritik
dan saran dari semua pihak yang sifatnya membangun untuk penyempurnaan makalah
ini,selalu kami nantikan.akhirnya semoga tugas ini bermanfaat bagi kita semua.
Palembang , Maret 2018
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1
LATAR BELAKANG
Black Canyon adalah coffee house
tekemuka yang selain menyediakan kopi terbaik juga menyediakan makanan sehat
dengan harga terjangkau. Usaha ini pertama didirikan oleh Dr. Tanong Bidaya dan
Pravit Chitnarapong pada 1993 di Bangkok. Black Canyon Coffee merupakan anggota
Specialty Coffee Assiciation of Amerika (SCAA) dan telah mendapatkan
penghargaan Superbrand.
Meskipun di Indonesia banyak
bermunculan coffee shop yang merupakan waralaba produk luar negeri seperti
starbucks dan coffee bean, tetapi peluang bisnis Black Canyon Coffee tidak
kalah dalam usahanya untuk merebut hati konsumen. Dan dari waktu ke waktu
menjadi semakin menarik, juga menjanjikan
dan keuntungan yang menggiurkan bagi para pelaku usahanya. Apalagi sejak dikembangkannya
pola waralaba (franchise) yang memungkinkan bisnis coffee shop menjaring banyak
orang untuk menjadi wirausahawan baru di bidang bisnis coffee shop. Sejak
itulah perusahaan Coffee shop ini mampu mencuri perhatian dan eksis di pasar,
bersaing dengan perusahaan multinasional raksasa seperti Starbucks, Coffee
bean, dan lainnya.
Usaha
franchise (waralaba) telah menjadi bisnis yang banyak diminati oleh masyarakat.
Selain karena adanya kemudahan sistem, masyarakat juga dapat memilih rentangan
modal investasi dalam memulai usaha ini. Bentuk dasar franchise (waralaba)
terwujud ketika franchisor menjalin suatu kerja sama terpadu dan
berkesinambungan dalam periode tertentu dengan franchisee-nya. Sistem bisnis
waralaba membuat research and development suatu jenis usaha menjadi lebih kuat
karena disatukan ke induk perusahaan sehingga partner waralaba tidak perlu
pusing lagi memikirkan pengembangan perusahaan. Semua binis terpusat dan
terkoodinasi dngan baik. Dengan demikian, waralaba membuat jalur pemasaran yang
lebih mudah dan singkat.
Dalam
mewaralabakan bisnisnya, Black Canyon Coffee menggunakan internet sebagai media
promosi untuk beriklan. Internet merupakan salah satu media promosi untuk
beriklan yang paling sering digunakan saat ini. Internet saat ini telah menjadi
salah satu alat promosi yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan-pesan
komunikasi pemasaran sama halnya dengan televisi, radio, koran, majalah, media
luar ruang, dan direct email. Internet terus berkembang bukan hanya menampilkan
grafis yang menarik tetapi telah menjadi alat komunikasi yang interaktif.
Situs-situs di internet terus dikembangan baik secara tampilan dan muatan
isinya. Hal ini dilakukan supaya pengunjung betah berlama-lama browsing di
website tersebut. Selain website, social media dapat menjadi pilihan para
pemasar untuk mengiklankan produk/jasanya pada media internet.
1.2
GAMBARAN USAHA BLACK CANYON COFFEE
Makanan dan
minuman adalah sebagai kebutuhan dasar manusia yang menjadi alasan mendasar untuk
pengembangan bisnis waralaba Black Canyon Coffee. Usaha ini menjadi alternatif
yang menjanjikan dan merupakan bisnis yang tidak pernah mati bahkan ada yang
sukses dan dapat meraih rezeki yang cukup besar apabila dikelola dengan baik
dan selalu mengikuti selera dan daya beli masyarakat. Alasan yang masuk nalar
adalah makanan dan minuman selalu diburu dan dicari orang dimanapun karena
apabila perut sudah lapar maka urusan makanpun tidak bisa ditunda. Begitu pula
jika haus terasa ditenggorokan maka minuman sangat dibutuhkan.
Usaha Black Canyon Coffee ini dimiliki oleh :
Nama Pemilik :
M. Mirza Oktaviansyah
Tanggal berdiri :
14 April 2014
Alamat :
Jln. Pom ix Palembang Icon Mall GF. 27
Jenis Perusahaan :
Waralaba
Jumlah karyawan : 28
Produk :
Food and beverage
Black
Canyon Coffee Melalui PT. Boga Citra Cemerlang, Black Canyon Coffee masuk ke
Indonesia pada 2005. Selama 9 tahun berdiri, franchise asal Thailand ini
mencatatkan pertumbuhan positif dengan pertumbuhan 10-15% setiap tahunnya.
Kini, Black Canyon memiliki sekitar 32 outlet tersebar di pulau Jawa, Bali,
Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi. Kunci keberhasilan Black Canyon tidak lepas
dari tiga pilar utama bisnis, yaitu Outlet Performance, Product, dan Service
Excellent. Selain itu Black Canyon memiliki Black Canyon Experience. Salah satu
wujudnya adalah aktifitas ‘Late Art On Table’ atas semua pemesanan hot
cappuccino atau hot chocolate. Artinya, barista Black Canyon melukis kopi
langsung dihadapan pelanggan dan pelanggan juga diperbolehkan mencoba melukis
sendiri kopinya. Lalu Black Canyon juga selalu melakukan training kepada para
waitress dan siapapun yang ‘direct contact’ dengan pelanggan untuk memiliki
sikap melayani sahabat di rumah. Sehingga tercipta ‘persahabatan’ antara crew
outlet dengan pelanggannya. Walau begitu, kelebihan Black Canyon tentunya
memiliki F&B unggulan semacam Thai Fusion (Tom Yum Soup w/ Pasta, Rice
Green Curry atau soup, Kee Mao with Pasta). International (Sandwich, Steaks,
Soup, Dessert), Indonesian Food (Nasi Goreng, Mie Goreng, Sop Buntut).
Sementara untuk minuman ada Thai (Thai Tea, Green Tea), Coffee (Capucinno,
Expresso, Ice Coffee, Blended Coffee).
1) Visi dan Misi
VISI
· Menjadikan Black Canyon Coffee brand life style terdepan di Indonesia dengan nuansa modern dan nusantara.
· Menjadikan Black Canyon Coffee brand life style terdepan di Indonesia dengan nuansa modern dan nusantara.
MISI
·
Menyediakan coffee
yang berkualitas
·
Menyediakan makanan
yang bertema nusantara
·
Menyediakan tempat
yang nyaman untuk berkumpul dan bersantai
·
Menempatkan pelanggan
sebagai prioritas
·
Memberikan pelayanan
yang prima dan unggul dalam penyajian
1.3
BUKTI FOTO
2.1 Analisis Industri
BAB III
BAB
II
PEMBAHASAN
2.1 Analisis Industri
Kopi adalah bagian tak terpisahkan dari bangsa Indonesia. Karenanya, bisnis
kopi pun berkembang dengan pesat di Indonesia. Kopi saset yang bisa ditemukan
di mana saja, warung kecil yang selalu bisa menyeduhnya, roaster lokal tanpa
merek yang ada di pasar-pasar tradisional, dan bahkan ia menjadi menu wajib
yang ada di setiap warung nasi maupun warung mie, bahkan restoran sekalipun.
A. Perspektif Masa
Depan Usaha
Dengan melihat peluang yang ada saat ini, bila usaha ini
dilanjutkan. Maka di harapkan akan memiliki prospek yang baik untuk ke-depannya,
mengingat usaha ini belum memiliki saingan yang berarti di daerah tempat saya
akan berdagang dalam bidang cafe ini. Namun, untuk memberikan pelayanan
yang lebih memuaskan kepada pelanggan, dibutuhkan adanya penambahan fasilitas-fasilitas
yang bisa memuaskan pelanggan.
B. Analisis
Persaingan Usaha
Pilihan lokasi dan wilayah cafe adalah dengan
kriteria pasar dengan lalu lintas pengunjung yang tinggi, mudah dijangkau dan
terlibat dari jarak yang cukup jauh. Pilihannya adalah dikawasan pasar rawajitu
sebagai pusat berkumpulnya banyak orang di daerah saya sendiri. Dan dalam waktu
jangka panjang akan menambah lokasi dan membuka cabang di wilayah lainnya.
Walaupun pada saat sekarang jarang orang yang membuka cafe, itu bahkan tidak
berpengaruh sama sekali, karena tempat yang kita pilih sangat menjanjikan untuk
berbisnis, karena daerah tersebut sangat strategis dan memang daerah keramaian,
otomatis pelajar maupun masyarakat terpojok untuk bebelanja di cafe kita.
Selain jauh dari segi waktu dan jarak tempuh, harga yang kita cocokkan masih
bisa bersaing dengan harga pasar, dan kami pastikan kualitas pelayanan yang
terbaik untuk kepuasan pelanggan.
2.2 Analisis SWOT
Strategi :
Memberikan pelayanan dan fasilitas yang membuat pengunjung meras nyaman, dan
menjadikan deferensiasi sebagai strategi utama perusahaan.
Strenghts ( Kekuatan
):
Ø Tempat nya berada di dalam mall sehingga banyak orang yang mampir untuk minum
kopi.
Ø Bukan hanya menyediakan Kopi
saja, tetapi juga menyediakan makanan berat dan ringan.
Ø Kedai ini juga menyediakan tempat
khusus untuk para perokok (di dalam ruangan / diluar dengan pemandangan danau
di mall Palembang icon).
Ø Kopi yang di sajikan mempunyai
aroma yang khas, yang mampu memikat hati para pengunjung.
Ø Kualitas baik dan terjamin.
Weakness ( Kelemahan
):
Ø Susah mendapatkan kopi yang
disajikan tersebut
Ø Harga terkadang menjadi masalah
bagi beberapa konsumen
Oppourtinity ( Peluang
):
Ø Masyarakat yang konsumtif
terhadap kopi, khusus nya anak muda dan juga bapak – bapak .
Ø Permintaan pasar yang selalu
meningkat
Threaths ( Ancaman ):
Ø Munculnya produk baru yang lebih
unggul
Ø Kenaikan harga bahan baku karena
terbatas
Ø Adanya competitor yang lebih
dikenal masyarakat
2.3 Kelebihan dan Kekurangan
1. Kelebihan
•
Sudah banyak yang mengenal nama besar BLACK
CANYON COFFEE jadi tidak perlu takut kehilangan
pelanggan.
•
Besar penghasilan yang didapatkan.
•
Waktu yang lebih fleksibel
2. Kekurangan
• Kondisi
pendapatan yang fluktuatif tergantunmg kondisi pasar dan kerja keras.
• Kurang
leluasa untuk melakukan inovasi dan program
• Dituntut
untuk terus berusaha agar bisa terus masuk kepasar.
2.4 Peluang dan Ancaman
1. Peluang
• Melihat
prospek yang ada ada keinginan membuka cabang di kota lain
• Memperoleh
keuntungan yang besar.
2. Ancaman
•
Banyaknya usaha sejenis
•
Inovasi dan promo produk lain yang
sangat menjanjikan.
GAMBAR MENU
3.1 MENU
MAKANAN
3.1 MENU
MINUMAN
BAB IV
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
Dari
pembahasan diatas bahwa sebuah cafee harus memiliki keunggulan produk baik
· Seperti citra rasa produk
yang dihasilkan, kualitas, mutu produk, kebersihan.
· Cara penyajian yang lebih
unik dan istimewa agar lebih menarik.
· Fasilitas ruang caffe yang
begitu nyaman.
4.2 Saran
Sebaiknya
Black Canyon Coffee memberi penambahan baru terhadap menu dan beberapa promo
agar lebih menarik konsumen untuk tetap menjadi pelanggan Black Canyon Coffee.
Untuk penambahan lain bisa dilakukan dengan memberikan Live music .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar